Memulai bisnis bisa menjadi hal yang menakutkan. Sangat mudah untuk kewalahan dengan semua langkah yang harus Anda ambil dan keputusan yang harus Anda buat. Tetapi jika Anda mengambil sesuatu selangkah demi selangkah, itu sebenarnya tidak terlalu sulit! Langkah pertama adalah mengeluarkan ide Anda dan memastikan bahwa ide itu layak untuk dibangun. Jika orang menyukai ide Anda dan mereka menginginkan apa yang Anda tawarkan, maka mereka akan bersedia berinvestasi di dalamnya—dan itu berarti perusahaan rintisan Anda sebenarnya bisa menjadi perusahaan rintisan yang sebenarnya!
Validasi ide bisnis Anda
Validasi adalah proses pengujian ide bisnis Anda untuk melihat apakah itu akan berhasil. Anda akan menginginkan validasi sebelum menghabiskan banyak waktu dan uang untuk apa yang mungkin berubah menjadi ide yang buruk.
Ada banyak cara untuk memvalidasi ide bisnis Anda, antara lain:
- berbicara dengan calon pelanggan atau pengguna yang memiliki kebutuhan serupa seperti Anda
- melihat bisnis yang sudah ada yang telah memecahkan beberapa masalah yang sama seperti bisnis Anda (dan mencari tahu bagaimana kinerjanya)
- melihat pesaing yang menawarkan produk atau layanan pesaing
Membuat rencana bisnis
Anda punya ide dan ingin memulai bisnis! Itu keren! Tapi sebelum Anda terjun ke medan, mari kita bicara tentang bagaimana meletakkan beberapa dasar dan membuat rencana dasar untuk start-up Anda.
Rencana bisnis hanyalah sebuah dokumen yang menguraikan tujuan perusahaan Anda, bagaimana mencapainya, dan sumber daya apa (termasuk uang) yang diperlukan. Rencana bisnis yang baik tidak hanya membantu Anda tetap fokus pada tujuan Anda dengan usaha baru Anda, tetapi juga membuktikan bahwa ada permintaan untuk apa yang dilakukan perusahaan Anda. Anda dapat menggunakan dokumen ini untuk mendapatkan dana dari investor, atau bahkan menjual perusahaan Anda suatu hari nanti jika cukup berhasil.
Investor berharap bahwa bisnis baru akan memiliki semacam rencana tertulis tentang hal-hal tersebut sebelum mereka berinvestasi di dalamnya; tidak memiliki deskripsi tertulis tentang bagaimana segala sesuatunya akan berjalan membuat investor sangat gugup untuk mempertaruhkan uang mereka tanpa mengetahui apa yang bisa salah di kemudian hari."
Membangun prototipe
Prototipe adalah model produk Anda. Ini adalah model fungsional yang dapat Anda gunakan untuk menguji ide Anda dan melihat apakah itu berhasil di dunia nyata. Prototipe berbeda dari mockup karena tidak hanya dirancang untuk terlihat bagus, tetapi juga untuk diuji. Misalnya, Anda mungkin memiliki prototipe fisik kursi pesawat tempat Anda dapat duduk dan menguji seberapa nyamannya bagi orang yang terbang bersama Anda di pesawat Anda (atau bahkan mungkin untuk Anda sendiri).
Prototipe digital akan menjadi sesuatu seperti aplikasi atau situs web yang melakukan semua hal yang sama seperti produk akhir Anda tetapi tidak terlihat persis seperti apa yang pada akhirnya akan dirilis ke alam maya. Anda akan ingin memastikan bahwa jenis prototipe ini mencakup semua fungsi yang diperlukan untuk orang yang akan menggunakannya sehingga mereka dapat berinteraksi dengannya seperti yang mereka lakukan saat menggunakan produk jadi nanti saat semuanya sempurna!
Menguji semuanya
Saat Anda membangun bisnis, Anda harus menguji semuanya. Ini termasuk produk atau layanan Anda, strategi pemasaran Anda, layanan pelanggan, harga dan banyak lagi. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru dan lihat bagaimana hasilnya. Anda selalu dapat mengubahnya lagi jika tidak berhasil untuk Anda dalam jangka panjang.
Membangun hubungan dengan klien potensial dan investor
Mulailah dengan seseorang yang Anda kenal. Jika Anda sedang mencari cara untuk memulai bisnis Anda, sering kali yang terbaik adalah memulai dengan menjalin hubungan dengan orang-orang yang sudah berada di lapangan. Semakin banyak orang yang Anda kenal di industri Anda, semakin baik Anda nantinya. Jadi, carilah beberapa teman dan anggota keluarga Anda yang bekerja di perusahaan rintisan atau usaha kecil dan tanyakan apakah mereka mengenal seseorang yang dapat menggunakan layanan Anda.
Mulai jaringan online juga. Sementara banyak orang suka memisahkan kehidupan pribadi mereka dari kehidupan profesional mereka (dan ada alasan bagus untuk itu), situs media sosial dapat menjadi sumber yang berharga dalam hal berhubungan dengan orang lain di industri tertentu—terutama jika situs tersebut melibatkan kelompok di mana individu yang berpikiran sama berkumpul (seperti LinkedIn). Pastikan saja situs jejaring apa pun yang Anda pilih cukup relevan sehingga calon klien dapat melihatnya dan mempertimbangkan untuk menghubungi Anda sebagai opsi atas kemauan mereka sendiri—bukan hanya karena mereka melihat iklan di tempat lain di Google atau Facebook!
Akhirnya: jangan takut untuk meminta bantuan! Entah itu bertanya kepada teman/anggota keluarga/rekan kerja, dll., jangan merasa malu untuk menjangkau saat dibutuhkan - ini bukan sekolah menengah 🙂
Untuk sukses, Anda perlu memvalidasi ide bisnis Anda, membuat rencana bisnis, membangun prototipe, menguji semuanya, dan membangun hubungan dengan calon klien dan investor.
Anda tidak dapat membangun sebuah start up jika Anda tidak tahu apa produk Anda, bagaimana cara kerjanya dan siapa yang akan membelinya. Anda perlu memvalidasi ide bisnis Anda dengan berbicara dengan klien potensial dan menguji semuanya di sepanjang jalan.
Jika Anda seorang pengusaha tanpa uang atau sumber daya, tugas-tugas ini mungkin tampak luar biasa pada pandangan pertama. Tetapi ada cara untuk melakukannya dengan cepat dan murah -- bahkan jika Anda belum memiliki banyak dana.
Bagaimana kita memvalidasi ide bisnis kita? Kami berbicara dengan calon klien (secara langsung atau melalui telepon) menggunakan teknik seperti pengujian pengguna, wawancara, dan survei yang membantu kami lebih dekat untuk memahami kebutuhan mereka sehingga kami dapat membangun sesuatu yang mereka sukai untuk digunakan sebanyak mungkin.
Kesimpulan
Membangun startup yang sukses adalah perjalanan panjang dan sulit yang membutuhkan dedikasi dan ketekunan. Anda perlu memvalidasi ide bisnis Anda, membuat rencana bisnis, membangun prototipe, menguji semuanya, dan membangun hubungan dengan klien dan investor potensial. Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati, ini akan membantu membuat perjalanan Anda lebih mudah.