Bagaimana Berpikir Out of The Box, Learn From The Pros

Sebagai seseorang yang telah berkecimpung dalam berbagai jenis bisnis selama lebih dari dua dekade, saya telah memahami bahwa hampir semuanya dapat dipecah menjadi beberapa kategori. Akibatnya, selalu mudah bagi saya untuk menemukan cara berpikir out of the box karena begitulah cara kerja pikiran saya. Namun, jika Anda adalah seseorang yang tidak secara alami berpikir seperti ini, maka artikel ini akan membantu menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat mengembangkan kemampuan Anda untuk berpikir out of the box juga!

Gali yang dalam. Salah satu alasan Anda mungkin tidak dapat berpikir di luar kotak adalah karena Anda takut dengan apa yang ada di dalam kotak.

  • Pikirkan tentang masalahnya.
  • Tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda takutkan.
  • Tuliskan ketakutan Anda dan bagaimana Anda bisa mengatasinya.
  • Cobalah untuk memikirkan solusi untuk masalah Anda, dan buatlah rencana untuk mengatasi ketakutan itu.

Mintalah pendapat komunitas Anda.

Salah satu cara untuk berpikir di luar kotak adalah dengan meminta pendapat komunitas Anda. Komunitas Anda mungkin sekelompok teman atau kolega, atau bisa juga orang yang menggunakan produk atau layanan Anda.

Meminta mereka bertukar pikiran tentang ide dan solusi dapat membantu Anda menemukan solusi baru yang tidak terpikirkan oleh Anda sendiri. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan seperti "Bagaimana menurut Anda?" dan “Apa yang perlu kita lakukan sekarang?”

Keluar dari zona nyaman Anda.

  • Keluar dari zona nyaman Anda.
  • Keluar dari rutinitas Anda.
  • Keluar dari rumah, kantor, atau tempat lain yang Anda rasa aman dan terjamin—dan pergi ke tempat baru.

Lakukan beberapa aktivitas fisik.

  • Olahraga membantu Anda berpikir lebih baik.
  • Olahraga membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  • Olahraga membantu Anda rileks, memudahkan otak Anda untuk fokus pada tugas yang ada.
  • Olahraga juga membuat Anda lebih produktif karena melepaskan endorfin di otak yang membuat kita bahagia—dan saat kita bahagia dan santai, kita cenderung lebih kreatif dan produktif daripada saat kita stres atau cemas.

Menjadi ahli dalam sesuatu yang benar-benar berbeda dari spesialisasi Anda saat ini.

Penting untuk selalu memberi tahu diri Anda tentang perkembangan terbaru di bidang Anda sendiri, tetapi juga penting untuk mempelajari bidang studi lainnya. Anda dapat melakukannya dengan:

  • Membaca buku dan artikel tentang topik baru.
  • Mengambil kelas atau kursus online dalam sesuatu yang baru.
  • Menghadiri konferensi atau seminar yang mencakup mata pelajaran di luar spesialisasi Anda.
  • Berbicara dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang berbeda, seperti penulis atau desainer, sehingga Anda bisa mendapatkan perspektif mereka tentang dunia di sekitar mereka, yang akan membantu Anda memikirkan masalah secara berbeda dari biasanya

Jika tujuan Anda adalah untuk berpikir secara berbeda, Anda juga harus mulai melakukan sesuatu secara berbeda.

Anda tidak sendirian jika Anda takut berpikir secara berbeda. Mungkin menakutkan untuk menantang pemikiran dan keyakinan Anda sendiri, terutama jika itu berarti mempertaruhkan kegagalan dan rasa malu. Tetapi jika Anda ingin mulai berpikir di luar kebiasaan, penting untuk membangun pola pikir yang sehat tentang perubahan.

Pertama-tama, pikirkan tentang apa yang membuat Anda takut untuk mengubah perspektif Anda tentang berbagai hal—apa yang mungkin terjadi? Apakah ada konsekuensi untuk mengambil risiko? Apakah ada perasaan negatif yang melekat pada gagasan untuk mengubah pikiran Anda?

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa ketakutan ini, bicarakan dengan seseorang yang dekat dengan Anda yang mendukung tujuan dan aspirasi Anda. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan umpan balik yang objektif dari seseorang yang tahu apa yang mereka bicarakan ketika harus membuat perubahan dalam hidup!

Kesimpulan

Ketika Anda mencoba untuk berpikir di luar kotak, mudah untuk terjebak dalam pola pikir lama Anda. Tapi satu-satunya jalan keluar adalah melalui! Dan hei, jika tidak ada tips ini yang berhasil untuk Anda, ada lebih banyak ide di luar sana tentang cara berpikir di luar kebiasaan (lihat artikel ini untuk informasi lebih lanjut). Yang penting Anda terus mencari sampai ada yang klik. Itu tidak akan terjadi dalam semalam—bahkan, mungkin perlu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum pencerahan terjadi—tetapi jika tujuan Anda adalah pemikiran yang benar-benar inovatif, teruslah melakukannya sampai pikiran Anda mulai memikirkan ide-ide baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *