Teknik Industri Dalam Metaverse (Bagian 1 dari 2)

Metaverse adalah kombinasi teknologi augmented reality dan virtual reality untuk membangun ruang virtual. Anggaplah Metaverse sebagai video game yang berinteraksi dengan Anda sepanjang hari. Metaverse akan memadukan garis antara kehidupan nyata dan dunia digital. Dalam benak kami, Metaverse seperti video game, tetapi dengan lebih banyak kemungkinan. Dalam postingan ini, kami akan mengeksplorasi apa yang membedakan augmented reality dari teknologi virtual reality dan bagaimana teknik industri dapat memainkan peran penting dalam mengembangkan teknologi metaverse baru.

Bagian: Metaverse adalah kombinasi teknologi augmented reality dan virtual reality untuk membangun ruang virtual.

Metaverse adalah kombinasi teknologi augmented reality dan virtual reality untuk membangun ruang virtual. Dalam seri ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana teknologi ini terkait, bagaimana perbedaannya dari teknologi lain dan bagaimana teknologi ini dapat digunakan dalam rekayasa industri.

Dalam artikel pertama kami, kami akan melihat apa itu metaverse dan bagaimana hubungannya dengan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Kami juga akan membahas perbedaan antara AR dan VR.

Augmented Reality vs Realitas Virtual

Augmented Reality - Menggunakan perangkat keras seperti kacamata atau layar yang menambah apa yang kita lihat dengan menambahkan grafik yang dihasilkan komputer ke dalam pandangan kita tentang dunia nyata. Teknologi ini telah ada untuk beberapa waktu sekarang, tetapi telah menjadi jauh lebih populer baru-baru ini dengan produk-produk seperti Pokémon Go! Game ini memungkinkan pengguna untuk menemukan makhluk Pokémon di seluruh kota mereka menggunakan kamera ponsel mereka (yang berfungsi sebagai perangkat AR). Pengguna kemudian berinteraksi dengan makhluk-makhluk ini dengan melemparkan Pokéballs ke arah mereka; jika mereka mengenai target di dalam lingkaran di layar mereka saat melempar Pokéball, maka mereka akan memenangkan poin untuk mengalahkan pemain lain. Meskipun ini menyenangkan saat berlangsung, ini juga berlangsung singkat karena Pokémon Go tidak memungkinkan Anda untuk menangkap semua 151 pokémon asli tanpa membayar pembelian dalam aplikasi yang harganya sekitar $10 dolar AS per item yang dibeli melalui Google Play Store atau Apple App Store."

Bagian: Pikirkan Metaverse sebagai video game yang Anda berinteraksi sepanjang hari.

Anggaplah Metaverse sebagai video game yang berinteraksi dengan Anda sepanjang hari. Saat Anda maju melaluinya, Anda akan mendapatkan poin pengalaman dan menaikkan level karakter Anda. Anda juga dapat memilih untuk mengumpulkan jarahan dan perlengkapan sehingga ketika Anda bertempur melawan pemain atau monster lain, karakter Anda akan lebih kuat daripada karakter mereka.

Baca juga:  Teknik Industri Dalam Metaverse (Bagian 2 dari 2)

Metaverse adalah dunia virtual yang dimungkinkan oleh teknologi augmented reality dan virtual reality. Metaverse adalah lingkungan di mana orang dapat menjalani kehidupan mereka dengan cara yang mustahil di dunia fisik kita saat ini-dan mereka dapat melakukannya tanpa harus memakai peralatan berat atau duduk di depan komputer sepanjang hari!

Baca juga:  Teknik Industri Dalam Metaverse (Bagian 2 dari 2)

Metaverse akan ditentukan oleh tiga kemampuan: imersi (sepenuhnya tenggelam dalam realitas alternatif), kegigihan (kemampuan untuk hal-hal yang dibuat dalam metaverse untuk bertahan dari waktu ke waktu), interaksi (kemampuan bagi pengguna dalam metaverse untuk berkomunikasi satu sama lain).

Bagian: Metaverse akan memadukan garis antara kehidupan nyata dan dunia digital.

Ini bukan masalah jika, tetapi kapan Metaverse akan menjadi kenyataan. Metaverse adalah tempat di mana orang akan dapat berinteraksi satu sama lain, objek, dan augmented reality.

Bagaimana ini bisa terjadi? Dengan ponsel Anda! Dalam bentuknya saat ini, Anda dapat menggunakan perangkat seluler Anda sebagai portal ke dunia lain. Pikirkan tentang hal ini: Anda dapat menonton Netflix di iPhone Anda atau mendengarkan musik di Spotify di ponsel Android Anda. Tetapi seberapa jauh kita bisa memasuki dunia lain melalui ponsel kita?

Bagian: Dalam pikiran kami, Metaverse seperti video game, tetapi dengan lebih banyak kemungkinan.

Metaverse adalah tempat di mana Anda bisa pergi untuk menjelajah, dan bermain game. Tetapi tidak harus seperti itu. Metaverse dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti halnya kita menggunakan video game untuk segala macam hal. Kita menggunakan video game untuk belajar tentang sejarah dan sains, atau bahkan hanya untuk bersenang-senang. Dengan cara yang sama, Metaverse dapat digunakan oleh orang-orang yang tertarik dengan topik atau hobi tertentu yang mungkin tidak dapat mereka akses dengan cara lain (misalnya, para arkeolog yang ingin menjelajahi reruntuhan kuno tanpa harus melakukan perjalanan ke sana).

Kemungkinannya tidak terbatas ketika sampai pada apa yang dapat Anda lakukan dengan Metaverse!

Bagian: Metaverse akan didefinisikan oleh tiga kemampuan: imersi, ketekunan, dan interaksi.

Metaverse didefinisikan oleh tiga kemampuan: imersi, ketekunan, dan interaksi.

  • Immersion adalah kemampuan untuk tenggelam dalam dunia virtual. Ini melibatkan kemampuan untuk melihatnya dari semua sudut, mendengarnya dari segala arah, merasakannya seolah-olah Anda benar-benar berada di sana, dan mengalaminya melalui indera yang berbeda (seperti penciuman).
  • Ketekunan adalah kemampuan untuk mempertahankan informasi dan kemajuan dari satu sesi ke sesi lainnya. Penting juga bahwa orang tidak mengalami kesulitan mengingat di mana mereka tinggalkan ketika mereka kembali ke metaverse setelah mengambil waktu istirahat.
  • Interaksi adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan orang atau objek lain di metaverse (seperti hewan peliharaan). Anda harus dapat berbicara dengan teman saat bermain video game bersama atau mengobrol dengan seseorang yang berada ratusan mil jauhnya sambil duduk di rumah di sofa Anda!
Baca juga:  Bagaimana Manufaktur Mendukung Piala Dunia Qatar 2022

Bagian: Immersion berarti bahwa apa yang Anda lakukan di dunia nyata mempengaruhi apa yang terjadi dalam pengalaman Metaverse Anda.

Immersion adalah prinsip kedua dari teknik industri. Ini berarti bahwa apa yang Anda lakukan di dunia nyata memengaruhi apa yang terjadi dalam pengalaman Metaverse Anda.

Baca juga:  Bagaimana Manufaktur Mendukung Piala Dunia Qatar 2022

Sebagai contoh: Jika Anda sedang mengerjakan sebuah proyek dan perlu menggunakan beberapa alat atau perlengkapan, tetapi tidak tersedia di meja Anda, maka Anda harus mengambilnya sendiri. Hal ini mungkin tidak tampak seperti sesuatu yang istimewa, tetapi para insinyur industri telah menemukan bahwa ketika orang harus pergi keluar dan mendapatkan sesuatu sendiri, hal itu membuat mereka merasa lebih terhubung dengan pekerjaan mereka daripada jika orang lain membawakan hal-hal itu kepada mereka. Hal yang sama berlaku di sini! Jika sesuatu terjadi di dunia metaverse ini yang memengaruhi dunia nyata Anda-seperti masuk ke dalam ruangan tempat seseorang sedang berolahraga-maka kedua dunia menjadi lebih terhubung!

Bagian: Persistensi berarti bahwa di Metaverse, jika Anda melakukan sesuatu pada suatu hari, hal itu akan tetap ada di kemudian hari, di berbagai tonggak atau pencapaian.

Di dunia nyata, Anda mungkin menemukan diri Anda berada di persimpangan jalan. Ada dua toko: yang satu mahal dan yang lainnya murah. Anda membuat keputusan berdasarkan apa yang terbaik untuk anggaran Anda; jika berhasil dengan baik, bagus! Jika tidak...baiklah, setidaknya Anda sudah mencoba.

Di metaverse, ada banyak jalan yang bisa diambil saat membangun karakter atau mempelajari cara membuat item-dan semuanya penting. Ketika kamu memulai quest atau membuat item di Ultima Online atau EverQuest 2 (atau MMORPG lainnya), tindakan itu tidak akan terlupakan jika kamu log off dan kembali lagi nanti-itu tetap bersama karaktermu sampai selesai atau ditinggalkan untuk selamanya! Ini berarti ketekunan dapat membantu orang membuat keputusan yang lebih baik tentang apa yang mereka inginkan dari kehidupan dengan memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka sendiri saat mereka menjalani perjalanan mereka bersama melalui waktu itu sendiri....

Baca juga:  Teknik Industri Dalam Metaverse (Bagian 2 dari 2)

Bagian: Interaksi berarti bahwa ada semacam hubungan antara pengalaman Metaverse Anda dan kehidupan dunia nyata Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya, "Apa hubungannya dengan teknik industri?" Di Metaverse, semuanya. Tidak mengherankan bahwa ada kebutuhan besar bagi orang-orang yang dapat merancang interaksi di Metaverse-yaitu, cara berinteraksi dengan teknologi dan orang lain melalui HMD Anda. Semakin kompleks interaksinya, semakin banyak waktu yang diperlukan untuk mengembangkan dan mengujinya dengan benar sebelum diimplementasikan. Inilah sebabnya mengapa insinyur industri dibutuhkan: fokus mereka pada proses desain berarti mereka memiliki banyak keahlian di bidang ini.

Untuk memahami apa arti "interaksi" dalam praktiknya (dan mengapa Anda membutuhkan insinyur industri), pertama-tama kita akan melihat cara kerjanya di atas kertas dan kemudian beralih ke contoh bagaimana orang berinteraksi satu sama lain di luar VR (atau bahkan VR) hari ini.

Baca juga:  Bagaimana Manufaktur Mendukung Piala Dunia Qatar 2022

Bagian: Insinyur industri akan memainkan peran kunci dalam bagaimana Metaverse berkembang dari waktu ke waktu.

Insinyur industri terlibat dalam desain dan pengembangan teknologi, termasuk metaverse. Fungsi teknik industri mencakup pengumpulan data, analisis data, dan optimalisasi proses dan sistem. Insinyur industri akan memainkan peran kunci dalam bagaimana Metaverse berkembang dari waktu ke waktu. Jika Anda seorang insinyur industri yang tertarik untuk mengerjakan proyek Metaverse atau jika Anda mengenal seseorang yang mungkin tertarik dengan jenis pekerjaan ini, tolong beri tahu saya!

Kesimpulan: Teknik industri dapat memainkan peran penting dalam mengembangkan teknologi metaverse baru

Seperti yang bisa Anda lihat, insinyur industri akan bertanggung jawab untuk merancang dan membangun metaverse. Ini berarti, mereka akan membantu mendefinisikan dan mendesainnya, tetapi juga membangunnya. Mereka juga akan memainkan peran kunci dalam mengembangkan teknologi baru yang dapat digunakan di metaverse dan ruang virtual lainnya.

Meskipun kami telah membahas sebagian besar dari apa yang diperlukan oleh teknik industri pada saat ini, kami harus mencatat bahwa ada banyak aspek atau spesialisasi lain dalam bidang ini yang dapat dieksplorasi dalam artikel lain (misalnya: manufaktur kedirgantaraan). Selain itu, ada banyak bidang studi lain yang dapat melengkapi teknik industri seperti ilmu komputer atau teknik elektro (untuk menyebutkan dua saja).

Dalam arti yang lebih besar, para insinyur industri akan memainkan peran kunci dalam bagaimana Metaverse berkembang dari waktu ke waktu. Kami sangat bersemangat untuk melihat apa yang terjadi selanjutnya!

One thought on “Teknik Industri Dalam Metaverse (Bagian 1 dari 2)

  1. Terima kasih info terkait teknik industri dalam metaverse. Berbagai macam teknologi serta fitur kekinian akan selalu berkembang dari zaman ke zaman. AR Jakarta hingga Indonesia dan mancanegara merupakan teknologi kekinian yang dapat mempermudah komunikasi dan informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat sekarang