OKR: Panduan Tak Terbantahkan Tentang Cara Menggunakan OKR Untuk Meningkatkan Budaya Perusahaan

OKR adalah cara yang bagus untuk memantau, melacak dan meningkatkan budaya perusahaan.

Bagian: Apa itu OKR?

OKR adalah cara untuk menetapkan sasaran dan mengukur kemajuan. OKR adalah cara untuk menyelaraskan tim Anda dengan tujuan bersama dan memotivasi mereka untuk mencapainya, sekaligus mengukur hasil-hasilnya.

OKR ditulis dalam bentuk:

  • Tujuan: apa yang akan Anda lakukan
  • Hasil Utama: bagaimana Anda akan tahu apakah Anda berhasil atau tidak

Bagian: Mengapa Anda Harus Menggunakan OKR?

Jika Anda bertanya-tanya apakah OKR layak untuk Anda gunakan atau tidak, berikut empat alasan untuk mencoba menggunakannya.

  • OKR adalah cara yang bagus untuk menyelaraskan sasaran perusahaan dan mengukur kinerja.
  • OKR mendorong kolaborasi dan kreativitas di tempat kerja.
  • Sistem ini mudah dipahami dan diterapkan, bahkan bagi mereka yang memiliki pengetahuan minimal tentang teknik penetapan sasaran.
  • OKR adalah cara yang bagus untuk menetapkan sasaran yang membantu membangun budaya dan lingkungan kerja yang sehat di perusahaan Anda.

Bagian: Bagaimana Menetapkan OKR yang Efektif

Langkah pertama dalam menetapkan OKR yang efektif adalah memastikan bahwa OKR tersebut SMART.

SMART adalah singkatan dari "spesifik, terukur, dapat ditindaklanjuti, relevan, dan terikat waktu." Dengan kata lain, Anda harus dapat mendefinisikan dengan jelas apa yang ingin Anda capai dengan setiap sasaran. Sebagai contoh:

  • Spesifik: "Saya ingin anggota tim saya merasa lebih terhubung satu sama lain" atau "Saya ingin lalu lintas situs web kami meningkat 15% selama enam bulan ke depan"
  • Terukur: Contoh pertama bisa dimodifikasi sebagai berikut: "Saya ingin skor keterlibatan karyawan kami pada survei internal selama setahun terakhir (sebelum kami mulai menggunakan OKR) dan tahun ini (setelah kami mulai menggunakan OKR) meningkat sebesar 20%. Ini berarti bahwa jika skor karyawan adalah 50 dari 100 tahun lalu dan 60 tahun ini, maka ada peningkatan 10% dalam tingkat keterlibatan mereka secara keseluruhan sejak memulai jalur ini dengan OKR." Ini juga harus menyertakan detail tentang metrik apa yang akan digunakan untuk tujuan pengukuran; misalnya, peringkat kepuasan pelanggan atau tingkat perputaran karyawan bisa menjadi indikator yang baik apakah strategi Anda berjalan sesuai rencana atau tidak.
Baca juga:  10 Ide Bisnis Mahasiswa Dan Cara Memulainya Dengan Anggaran Terbatas

Bagian: Bagaimana Menerapkan OKR

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memulai OKR. Jawabannya? Mulailah menggunakannya.

Baca juga:  Bagaimana Membangun Start Up, Success Story You'll Never Believe

Sesederhana itu! Tidak perlu presentasi besar-besaran kepada tim atau atasan Anda, dan tidak perlu menyewa konsultan yang mahal juga. Cukup mulai menuliskan sasaran Anda secara teratur-sekali seminggu adalah awal yang baik-dan biarkan semua orang tahu proses yang Anda gunakan untuk memutuskan sasaran tersebut.

Saat Anda mulai menerapkan OKR dalam budaya perusahaan Anda, ingatlah tiga panduan ini:

  • Tetapkan sasaran keseluruhan untuk setiap kuartal dalam setahun (atau periode waktu apa pun yang masuk akal). Hal ini akan membantu memberikan arah pada sasaran individu setiap bulan;
  • Pastikan bahwa setiap tujuan selaras dengan strategi atau misi bisnis yang lebih besar; dan
  • Ukur keberhasilan dengan melacak ROI (laba atas investasi).

Bagian: 6 Cara Cerdas untuk Meningkatkan Budaya Perusahaan Anda Menggunakan OKR

Efektivitas OKR tidak bisa diremehkan. Bahkan, ada enam cara utama yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan budaya perusahaan:

  • 1. Keseimbangan Kehidupan Kerja yang Lebih Baik

Mengapa karyawan merasa tidak terlibat? Bisa jadi karena keseimbangan kehidupan kerja mereka. Sebagai seorang manajer, tugas Anda adalah memastikan bahwa anggota tim Anda mampu menjaga keseimbangan yang sehat antara kehidupan rumah dan pekerjaan. Sangat penting bagi mereka untuk menikmati bekerja dengan Anda sehingga mereka bisa tetap termotivasi dalam melakukan pekerjaan mereka dengan baik! Beberapa perusahaan menerapkan kebijakan liburan serta jam kerja yang fleksibel sehingga karyawan tidak merasa kelelahan setelah bekerja berjam-jam setiap hari. Hal ini membantu menjaga semangat kerja karyawan tetap tinggi yang menghasilkan lebih banyak produktivitas di tempat kerja, karena mereka lebih senang dengan apa yang mereka kerjakan pada hari (atau minggu) tertentu.

  • 2. Peningkatan Keterampilan Komunikasi
Baca juga:  Bagaimana Menumbuhkan dan Melatih Etika. Dan Bagaimana Anda Bisa Kehilangannya

Keterampilan komunikasi bukan hanya tentang berbicara; tetapi juga tentang mendengarkan dengan saksama ketika orang lain berbicara sebelum meresponsnya (atau bahkan memutuskan apakah yang dikatakan orang lain itu masuk akal atau tidak). Dengan OKR, karyawan akan menemukan diri mereka secara aktif mendengarkan karena ini akan membantu mereka mencapai tujuan lebih cepat dari sebelumnya - yang membawa kita ke poin berikutnya...

Baca juga:  Bagaimana Menumbuhkan dan Melatih Etika. Dan Bagaimana Anda Bisa Kehilangannya

Bagian: Mengukur Keberhasilan OKR Anda

Bagian terpenting dari proses OKR adalah mampu mengukur kemajuan Anda. Jika Anda tidak dapat melacak dan mengukur hasil Anda, lalu bagaimana Anda akan tahu jika tujuan Anda telah tercapai?

Untuk memastikan bahwa Anda mengukur keberhasilan OKR Anda, penting bahwa mereka SMART (Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai / Dapat Dicapai, Relevan dan Terikat Waktu). Sebagai contoh:

  • "Meningkatkan penjualan sebesar 10%" tidak cukup spesifik karena tidak ada detail tentang langkah apa yang akan diambil atau siapa yang akan mengambilnya.
  • "Meningkatkan penjualan sebesar 10% di semua saluran" adalah spesifik tetapi tidak terukur karena kita tidak tahu berapa banyak pendapatan yang dihasilkan sebelumnya.
  • "Meningkatkan pendapatan di semua saluran sebesar 20%" juga dapat dianggap terukur karena kita tahu persis berapa banyak uang yang harus dihasilkan serta dari mana uang itu harus berasal...

Kesimpulan: Menggunakan OKR adalah cara yang bagus untuk meningkatkan budaya perusahaan Anda dan membantu karyawan tetap termotivasi.

  • OKR adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan budaya perusahaan. Jika Anda menggunakan OKR, hal ini akan membantu karyawan tetap termotivasi dan fokus pada tujuan mereka.
  • OKR sangat bagus untuk meningkatkan budaya perusahaan Anda karena dapat digunakan untuk membantu karyawan tetap termotivasi dan fokus pada sasaran mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan budaya perusahaan Anda.
Baca juga:  Cara Memulai Bisnis Online Dengan Program Affiliate Marketing

Conclusion

Saya harap Anda menikmati perjalanan ini melalui dunia OKR. Saya tahu bahwa ini bisa sedikit berlebihan pada awalnya, tetapi begitu Anda memulai dengan sistem ini dan mulai melihat beberapa hasil, ini akan menjadi sifat kedua bagi Anda. Anda akan menemukan diri Anda menggunakan OKR dalam semua aspek kehidupan Anda-tidak hanya di tempat kerja! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara menggunakan OKR atau jika ada sesuatu yang spesifik yang tidak dibahas di sini (seperti apa yang terjadi jika seseorang tidak mencapai tujuan mereka), jangan ragu untuk menghubungi melalui email atau media sosial kapan saja.

× Chat sekarang