Jurusan Apa yang Harus Saya Pilih? Panduan Bagi Orang yang Tidak Bisa Memutuskan Apa yang Harus Dilakukan

Memilih jurusan adalah salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat di perguruan tinggi. Ini dapat membentuk karier masa depan Anda dan menentukan jalur apa yang Anda ambil setelah lulus. Sebelum memilih jurusan, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan semua pilihan Anda dan mencari tahu mana yang akan membantu membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa langkah untuk memilih jurusan:

Bagian: minat

Penting untuk memikirkan tentang apa yang Anda minati, apa yang ingin Anda pelajari, dan apa yang ingin Anda lakukan. Semua ini terkait, tetapi bukan hal yang sama. Misalnya: Anda mungkin tertarik untuk mempelajari cara memprogram atau membongkar komputer (jika demikian, maka bagus! Anda harus mempertimbangkan jurusan ilmu komputer). Tetapi mungkin minat ini tidak diterjemahkan ke dalam keinginan untuk menjadi ilmuwan komputer - mungkin Anda hanya suka mengutak-atik komputer untuk bersenang-senang dan tidak terlalu peduli tentang mengembangkan program perangkat lunak atau meningkatkan kinerja perangkat keras.

Jika itu benar untuk Anda, maka tidak apa-apa karena meskipun ada tumpang tindih antara minat dan hasrat (lebih lanjut tentang ini nanti), tidak perlu keduanya harus sama persis! Selama passion Anda secara keseluruhan selaras dengan bidang studi itu sendiri (yang akan kita bicarakan selanjutnya), maka tidak masalah apakah passion Anda selaras sempurna dengan satu aspek spesifik dari bidang itu atau tidak.

Bagian: karir, pasar kerja

Berapa banyak pekerjaan yang tersedia?

Apakah Anda ingin menjadi dokter, pengacara atau insinyur? Jika demikian, maka tidak diragukan lagi bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaan - tetapi mungkin tidak bergaji tinggi seperti yang Anda inginkan. Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan bahwa ada lebih dari 1 juta pekerjaan untuk pengacara pada tahun 2017 dan hampir 6 juta pekerjaan untuk dokter medis. Di sisi lain, jika jurusan Anda adalah bahasa Inggris atau filsafat (seperti saya), maka tidak banyak posisi yang tersedia - dan mereka juga tidak membayar dengan baik!

Baca juga:  Mengapa Teknik Industri Belajar Fisika?

Berapa gaji orang-orang dengan jurusan saya?

Baca juga:  Memilih Vendor Manufaktur Anda Lebih Mudah Daripada yang Anda Pikirkan!

Mengetahui seperti apa gaji Anda setelah lulus dapat membantu menginformasikan keputusan Anda tentang memilih jurusan. Gaji awal rata-rata untuk insinyur adalah sekitar $60k/tahun; namun, mereka yang masuk ke ilmu komputer cenderung menghasilkan lebih banyak ($76k/tahun). Jika uang belum menjadi masalah bagi Anda, tetapi menjadi masalah di kemudian hari, pertimbangkan untuk memilih jurusan teknik selama kuliah karena itu akan memberi Anda akses ke gaji yang lebih tinggi daripada gelar lain pada posisi entry level di pasar kerja saat ini!

Bagian: jalur potensial

Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Apa saja pilihan setelah lulus? Karier apa yang dapat Anda masuki dengan gelar ini?
  • Bagaimana saya bisa sampai ke sana? Apa saja jalur yang berbeda untuk masuk ke dalam karier ini, dan bagaimana saya bisa masuk ke dalamnya.
  • Apa pro dan kontra dari setiap jalur? Misalnya, jika Anda ingin menjadi dokter, mungkin diperlukan 10 tahun kerja keras sebelum Anda dapat berpraktik sebagai dokter.

Kesimpulannya: Lakukan banyak penelitian!

Kesimpulannya, memilih jurusan di perguruan tinggi bisa menjadi tugas yang menakutkan. Hal ini membutuhkan penelitian dan refleksi diri untuk memastikan bahwa Anda akan bahagia di bidang studi Anda. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda menikmati apa yang Anda lakukan sekarang, atau apakah ada potensi untuk kesenangan di masa mendatang. Pastikan jurusan tersebut sesuai dengan tujuan dan minat jangka panjang Anda serta keluarga dan teman Anda (jika ada). Manfaatkan sumber daya yang tersedia di perguruan tinggi / universitas untuk membantu proses pengambilan keputusan Anda!

Terakhir, perlu diingat bahwa kuliah bukan hanya tentang mendapatkan nilai bagus - ini juga tentang belajar bagaimana menavigasi kehidupan dengan cara Anda sendiri sambil menjaga keseimbangan yang sehat antara pekerjaan / sekolah / kehidupan sosial. Apakah seseorang memutuskan jurusan mereka atau tidak sejak awal seharusnya tidak menjadi masalah; yang lebih penting adalah seberapa besar upaya yang mereka lakukan untuk mencapai tujuan mereka daripada apa tujuan itu sebenarnya

Baca juga:  Memilih Vendor Manufaktur Anda Lebih Mudah Daripada yang Anda Pikirkan!

Conclusion

Anda sekarang harus siap untuk menemukan jurusan terbaik untuk Anda. Jika suatu saat Anda mengalami kebuntuan atau ingin saran lebih lanjut tentang memilih jurusan, jangan ragu untuk menghubungi kami di [email protected].

× Chat sekarang