Cara Menjadi Lebih Kreatif: 9 Tips Agar Kreativitas Mengalir

Kreativitas adalah salah satu keterampilan yang paling sulit dipahami di era digital. Jika Anda pernah mendapati diri Anda menatap layar kosong atau bertanya-tanya mengapa Anda merasa sangat tidak terinspirasi, berikut ini beberapa ide untuk mengembalikan diri Anda ke jalur yang benar.

Bagian: Tidurlah.

Tidur adalah bagian penting dari proses kreatif. Tidur membantu Anda:

  • Bersantai dan melepaskan pikiran Anda, sehingga Anda dapat menjernihkan pikiran dan fokus pada tugas yang ada.
  • Secara tidak sadar menyaring data di otak Anda, yang menghasilkan ide-ide baru dan koneksi yang jika tidak, akan hilang dari pikiran sadar.
  • Meningkatkan daya ingat, rentang perhatian, kreativitas, dan keterampilan pemecahan masalah dengan memungkinkan fungsi kognitif yang lebih tinggi ketika mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan kemampuan-kemampuan ini.

Bagian: Berolahragalah - tetapi jangan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Kita telah berbicara tentang manfaat olahraga, tetapi ada peringatan: tidak boleh dilakukan dalam waktu dua jam sebelum tidur. Olahraga membantu Anda tidur lebih nyenyak, karena tubuh Anda melepaskan melatonin setelah aktivitas fisik. Melatonin bertanggung jawab untuk mengatur ritme sirkadian kita dan penting untuk dipertahankan ketika mencoba mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Olahraga membantu meningkatkan kreativitas dengan meningkatkan aliran darah ke otak, memungkinkan lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk mencapai neuron yang mendorong koneksi saraf yang mendukung keterampilan pemecahan masalah-tetapi terlalu banyak berolahraga tepat sebelum tidur dapat membuat Anda merasa lelah!

Bagian: Jangan biarkan diri Anda menjadi hangry.

Langkah pertama untuk menjadi lebih kreatif adalah dengan tidak membiarkan diri Anda hangry.

Hangry, yang merupakan gabungan dari lapar dan marah, adalah hal yang buruk karena dapat membuat Anda marah kepada orang-orang di sekitar Anda dan menyebabkan mereka melampiaskan kemarahan Anda dengan cara bertengkar dengan Anda. Hangry juga berarti gula darah Anda turun terlalu rendah, yang akan membuat otak Anda lebih sulit berfungsi dengan baik. Disarankan agar orang-orang menjaga kadar gula darah mereka dalam kisaran normal dengan makan secara teratur sepanjang hari.

Hal terakhir yang kita inginkan bagi otak kita ketika mencoba untuk menghasilkan ide-ide baru dan memecahkan masalah adalah kita terganggu oleh rasa lapar!

Baca juga:  Bagaimana mengembangkan produk baru untuk membuat perusahaan yang inovatif

Bagian: Gunakan sesuatu yang bukan komputer Anda untuk membuang otak Anda.

Cara terbaik untuk mengalirkan kreativitas adalah dengan menciptakan sesuatu. Jangan khawatir tentang seperti apa bentuknya, atau siapa yang akan terkesan dengan upaya Anda. Keluarlah dan lakukan sesuatu: mulailah dengan pena dan kertas, kemudian pindah ke tanah liat atau cat jika Anda suka, tetapi apa pun yang Anda lakukan jangan berhenti bergerak! Otak Anda membutuhkan gerakan agar dapat bekerja pada kapasitas penuhnya.

Baca juga:  Bagaimana mengembangkan produk baru untuk membuat perusahaan yang inovatif

Bagian: Berhentilah mencoba untuk menjadi sangat produktif.

  • Cobalah untuk tidak terlalu produktif.

Kreativitas adalah hal yang rumit, dan mudah sekali untuk melakukannya secara berlebihan. Jika Anda menghabiskan waktu seharian untuk mengerjakan tugas atau proyek, Anda mungkin mendapati bahwa otak Anda telah masuk ke dalam mode brainstorming yang serius dan sepertinya tidak bisa berhenti menghasilkan ide untuk lebih banyak tugas atau proyek. Tetapi ini sebenarnya bisa membuat kreativitas Anda semakin buruk! Ini seperti mencoba berlari dalam keadaan kosong-Anda hanya akan lebih cepat lelah. Alih-alih bekerja keras untuk menjadi produktif, beristirahatlah sepanjang hari di mana Anda bersantai dan biarkan pikiran Anda berkeliaran di sekitar apa pun yang datang secara alami (misalnya, dengan membaca atau mendengarkan musik). Anda akan merasa lebih baik setelahnya, yang akan membantu meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan dan memudahkan Anda untuk melanjutkan aktivitas kreatif di malam hari atau esok pagi saat paling dibutuhkan.

Bagian: Langgar aturan yang tidak Anda ketahui.

Apa gunanya bermain sesuai aturan jika Anda tidak mengetahuinya?

Jika Anda ingin menjadi kreatif, Anda harus melanggar beberapa aturan. Itu tidak berarti bahwa segala sesuatu bisa diperebutkan-Anda tidak ingin melanggar kebijakan perusahaan Anda atau menyakiti siapa pun dengan pekerjaan Anda. Tetapi jika ada protokol dan proses tertentu yang menghalangi Anda melakukan sesuatu yang baru, mungkin sudah waktunya untuk berhati-hati dan tetap mencoba sesuatu yang baru.

Sekilas, ini bisa tampak seperti proposisi yang berisiko-dan mungkin memang demikian! Tetapi mencoba hal-hal baru adalah cara kita belajar tentang diri kita sendiri dan dunia kita; itu adalah cara kita tumbuh menjadi orang yang lebih baik (dan kreatif). Dan jika tidak ada hal lain yang terjadi selain membuat kesalahan di sepanjang jalan, setidaknya Anda tidak akan menyesal karena tidak mengambil peluang itu ketika peluang itu tersedia!

Baca juga:  Bagaimana Berpikir Out of The Box, Learn From The Pros

Bagian: Baca (sesuatu selain email Anda).

Membaca adalah cara yang bagus untuk bersantai dan mendapatkan ide-ide kreatif. Membaca buku fisik lebih baik daripada membaca di layar, karena buku fisik memiliki nuansa analog dan Anda dapat membalik halaman dengan mudah. Anda mungkin ingin membaca sesuatu yang menarik minat Anda, atau yang mengajarkan sesuatu yang baru - bagaimanapun juga, membaca membantu Anda melarikan diri dari dunia sehari-hari dan memberikan waktu bagi pikiran Anda untuk mengembara dengan bebas.

Baca juga:  Kubus Rubik: Panduan Untuk Berpikir Secara Sistematis Dan Kreatif

Bagian: Luangkan waktu untuk berpikir, setiap hari.

  • Luangkan waktu untuk berpikir, setiap hari.
  • Beri diri Anda ruang untuk pikiran dan ide Anda mengalir, lalu biarkan mereka pergi ketika Anda sudah selesai dengan mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk mengembangkan ide-ide baru yang sama sekali tidak terkait atau bahkan berlawanan dengan masalah atau ide awal Anda - dan mungkin saja membawa Anda ke arah yang sama sekali baru!
  • Jika Anda terjebak pada suatu masalah dan tampaknya tidak bisa bergerak maju dengan itu, jangan takut untuk mengambil waktu untuk menjauh dari masalah itu dan kembali lagi nanti dengan mata yang segar.

Bagian: Dengarkan kata hati Anda, tetapi jangan abaikan data.

Anda tidak ingin mengabaikan data, tetapi Anda juga tidak ingin menutup mata dan berlarian dalam kegelapan. Data bukan hanya penting, tetapi juga krusial. Anda memerlukan data untuk mengetahui apa yang Anda lakukan dengan benar dan apa yang Anda lakukan salah sehingga Anda dapat menyesuaikannya. Tetapi data bukanlah segalanya.

Intuisi juga penting karena jika Anda melihat dunia di sekitar kita, intuisi telah bertanggung jawab atas banyak ide hebat: dari Alexander Fleming yang menemukan penisilin secara tidak sengaja; hingga Apple yang menemukan iPhone; atau bahkan Toyota yang menciptakan mobil hibrida Prius mereka-semua inovasi ini muncul sebagai ketidaksengajaan atau hasil dari intuisi. Jadi, ketika tiba saatnya untuk sebuah ide, selalu dengarkan kata hati Anda terlebih dahulu (dan kemudian pikirkan apakah ada bukti di luar sana), karena terkadang intuisi kita menuntun kita ke arah yang sama sekali berbeda dari apa yang pernah kita bayangkan!

Baca juga:  Kubus Rubik: Panduan Untuk Berpikir Secara Sistematis Dan Kreatif

Kesimpulan: Jangan hanya duduk di sana - pergi keluar dan ciptakan sesuatu!

Jangan hanya duduk di sana-pergi keluar dan ciptakan sesuatu!

Baca juga:  Kubus Rubik: Panduan Untuk Berpikir Secara Sistematis Dan Kreatif

Nasihat terakhir yang ingin kami berikan kepada Anda adalah ini: jangan biarkan diri Anda hangry. Kadang-kadang, jika kita lelah atau stres tentang sesuatu yang lain dalam hidup kita, akan sulit untuk berpikir kreatif. Jika Anda pernah mengalami hari yang buruk di kantor dan pulang ke rumah dengan perasaan rewel dan tidak fokus, Anda tahu apa yang saya bicarakan.

Tapi jangan biarkan hal ini terjadi; cobalah mencari cara untuk menjaga agar kreativitas Anda tetap mengalir sepanjang tahun! Lagipula, seperti yang kami katakan sebelumnya dalam artikel ini: kreativitas bukan hanya sebuah jalan keluar untuk menghasilkan uang; kreativitas juga merupakan cara untuk mengekspresikan diri Anda dan menikmati hidup dengan lebih penuh-dan siapa yang tidak menginginkannya?

Jadi, begitulah. Sembilan cara sederhana dan mudah untuk menjadi lebih kreatif. Tentu saja, kreativitas adalah hal yang rumit dan tidak ada satu orang pun yang akan merasakan kesembilan tips tersebut bermanfaat (atau bahkan efektif!), tetapi semoga artikel ini telah memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana memulai jalan untuk menjadi individu yang lebih kreatif. Dan ingat: cara terbaik untuk menjadi lebih kreatif mungkin hanya dengan berhubungan dengan orang-orang kreatif lainnya! Seperti yang telah kita lihat di atas, memiliki hubungan dekat dengan orang lain yang juga berusaha keras untuk meningkatkan kreativitas mereka dapat membantu kita menerobos dataran tinggi lebih cepat daripada jika kita sendirian. Tetapi pada akhirnya, kesuksesan Anda tergantung pada tekad pribadi Anda sendiri-jadi pergilah ke sana dan mulailah membuat sesuatu yang luar biasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat sekarang